PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD N PENDEM DAN SDN KARANGASEM KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Vikri, Khoerul (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD N PENDEM DAN SDN KARANGASEM KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Khoerul Vikri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD N Karangasem dan SD N Pendem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian eksperimen. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental Design bentuk nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pendem dan SD N Karangasem dengan jumlah 28 siswa. Kelompok Eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan guru yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Hal penelitian menunjukan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 73,84 berada pada kriteria prestasi belajar baik lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 67,30 berada pada kriteria prestasi belajar cukup. Berdasarkan hasil uji-t (t-tes ) diperoleh nilai t hitung 2,095 lebih besar dari t tabel sebesar 1,71 (2,095 >1,71) dan nilai signifikansi sebesar 0,46 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,046<0,05). Berdasarkan hasil uji-t (t-test) tersebut menunjukan adanya pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi belajar matematika materi operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD N Karangasem dan SD N Pendem. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT), Prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51916

Actions (login required)

View Item View Item