PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD N KARANGTENGAH IV

Sari, Ria Vionita (2017) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS II SD N KARANGTENGAH IV. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ria Vionita Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Big Book “Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga” yang layak digunakan untuk pembelajaran IPS Kelas II SD N Karangtengah IV. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur atau langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat modifikasi model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser & Mollenda (1990). Subjek penelitian ini sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dan kisi-kisi instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan perhitungan rerata skor. Pengembangan Media Big Book “Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga” dihasilkan melalui prosedur pengembangan ADDIE. Hasil validasi materi menunjukkan kategori sangat layak (4,5), hasil validasi ahli media menunjukkan kategori sangat layak (4,2). Hasil respon siswa pada uji coba one-to-one menunjukkan kategori layak (4), hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan kategori sangat layak (4,7) dan hasil respon siswa pada uji coba lapangan menunjukkan kategori sangat layak (4,5). Kata kunci : pengembangan, media Big Book, IPS,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51910

Actions (login required)

View Item View Item