PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS GETTING ANSWERS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNIITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 YOGYAKARTA

Dwi Wardani, Anngita and Supahar, Supahar (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS GETTING ANSWERS MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNIITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers menggunakan media audio visual terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA N 2 Yogyakarta; (2) mengetahui model pembelajaran yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 3x2 menggunakan tiga kelas. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2016/2017, sedangkan sampelnya terdiri dari tiga kelas X, yaitu kelas X MIIA 2, X MIIA 7, dan X MIIA 8. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen satu yang diberi perlakuan model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers menggunakan media audio visual, kelas eksperimen dua yang diberi perlakuan model pembelajaran diskusi, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data yang digunakan adalah motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Motivasi belajar diperoleh dari nilai angket, sedangkan hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai posttest. Kelayakan instrumen pengambilan data didasarkan pada validitas isi menggunakan V Aiken, validitas empiris menggunakan nilai batas MNSQ, dan reliabilitas menggunakan nilai Alpha Cronbach. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk serta uji homogenitas Box’s M dan Levene, sedangkan teknik pengujian hipotesis mengunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Giving Questions and Getting Answers menggunakan media audio visual memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA N 2 Yogyakarta berdasarkan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,001 (< 0,05) sehingga hipotesis diterima; (2) model pembelajaran yang paling berpengaruh terhadap motivasi belajar adalah model diskusi, sedangkan model pembelajaran yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif adalah model giving questions getting answers. Kata kunci: Giving Questions and Getting Answers, motivasi belajar, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 11 Aug 2017 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51909

Actions (login required)

View Item View Item