HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN INTRAKSI TEMAN SEBAYA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Qoniatuzzahroh, Qoniatuzzahroh (2017) HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN INTRAKSI TEMAN SEBAYA SISWA KELAS V SDN SE-KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Qoniatuzzahroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memiliki kecerdasan interpersonal dalam melakukan interaksi sosial khususnya dengan teman sebaya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan interaksi teman sebaya siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 585 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 237 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan sakla untuk mengumpulkan data kecerdasan interpersonal dan interaksi teman sebaya. Instrumen penelitian ini diujicobakan kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validasi konstruk dengan teknik expert judgement, sedangkan untuk mencari daya beda menggunakan rumus korelasi product moment. Reabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linearitas dan uji normalitas. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa besar nilai korelasi antara variabel kecerdasan interpersonal dengan variabel interaksi teman sebaya siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo sebesar 0,710. Besarnya nilai korelasi tersebut menunjukkan bahwa tingkat hubungan antara variabel kecerdasan interpersonal dengan variabel interaksi teman sebaya termasuk dalam kategori kuat. Dari hasil penelitian, diperoleh R square sebesar 0,504. Sumbangan efektif variabel kecerdasan interpersonal terhadap interaski teman sebaya sebesar 50,4%, sisanya sebesar 49,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci : kecerdasan interpersonal, interaksi teman sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51907

Actions (login required)

View Item View Item