PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN

Wahyu Agamokta, Manggala and Jumadi, Jumadi (2017) PERBEDAAN PENGARUH PENERAPAN MODEL BERBASIS PROYEK DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA ASPEK KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model berbasis proyek yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. (2) ada tidaknya pengaruh model direct instruction yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. (3) ada tidaknya perbedaan pengaruh model berbasis proyek dan model direct instruction yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik, (4) model pembelajaran manakah yang lebih tinggi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik dan model manakah yang lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi experimental research) dengan desain Pretest-posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 2 Sleman tahunajaran 2016/2017. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh (sensus) dengan pemilihan kelas MIA 1 sebagai kelas dengan model berbasis proyek dan kelas MIA 2 sebagai kelas dengan model direct instruction dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket (angket minat belajar awal dan angket minat belajar akhir) dan metode tes (pretest dan posttest). Instrumen pengumpul data dianalisis menggunakan program ITEMAN 3.0. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji Standard Gain dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model berbasis proyek yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. (2) ada pengaruh model direct instruction yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. (3) ada perbedaan pengaruh model berbasis proyek dan model direct instruction yang ditinjau dari peningkatan minat dan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik. (4) model pembelajaran direct instruction lebih tinggi dalam meningkatkan minat belajar fisika peserta didik daripada model berbasis proyek dan model pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar fisika aspek kognitif peserta didik daripada model direct instruction. Kata kunci: proyek, direct instruction, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51906

Actions (login required)

View Item View Item