PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI SUSTAINED SILENT READING (SSR) DI KELAS V SD NEGERI SERANG PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Munawaroh, Nofingatun (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI SUSTAINED SILENT READING (SSR) DI KELAS V SD NEGERI SERANG PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nofingatun Munawaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan: (1) meningkatkan proses pembelajaran membaca pemahaman melalui Sustained Silent Reading (SSR), dan (2) meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui Sustained Silent Reading (SSR) pada siswa kelas V SD Negeri Serang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dan guru dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 yaitu bulan Maret-April. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Serang yang terdiri dari 22 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata. Data kualitatif dianalisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan data hasil observasi dan dokumentasi. Proses pembelajaran membaca pemahaman melalui sustained silent reading meliputi: (1) membaca teks bacaan dengan sustained silent reading, (2) mengamati cara membaca dengan sustained silent reading,(3) tanya jawab tentang isi bacaan, (4) berdiskusi dan mempresentasikan hasil lembar kerja siswa, (5) reward. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan sustained silent reading dalam pembelajaran membaca pemahaman dapat meningkatkan proses dan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran pada pratindakan 46,36%, siklus I 59,54%, dan siklus II 75%. Selain itu, nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman meningkat dari pratindakan sebesar 60,72 (kategori cukup), nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,69 (kategori baik), dan nila rata-rata pada siklus II 76,84 (kategori baik). Kata kunci: membaca pemahaman, sustained silent reading, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:11
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51905

Actions (login required)

View Item View Item