UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD NEGERI 2 GOMBANG

Putri, Nany Adika (2017) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SD NEGERI 2 GOMBANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nany Adika Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan proses model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gombang, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gombang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Gombang yang berjumlah 19 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara desktiptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Proses pembelajaran dengan menggunakan tipe TGT terdiri dari lima tahap yaitu: (1) Presentasi Kelas untuk memberikan materi IPS kepada siswa, (2) Pengelompokan untuk membagi kelompok homogen dan heterogen, (3) Permainan akademik deangan kartu soal, (4) Turnamen yang saling berkompetisi antar kelompok homogen, dan (5) Pengakuan Kelompok berupa penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Gombang. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra tindakan dan setiap siklus, yaitu pada pra tindakan sebesar 26,31% pada akhir siklus I meningkat menjadi 42,10%, pada akhir siklus II meningkat menjadi 78,94%. Hasil belajar afektif juga menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 62,55% meningkat di siklus II menjadi 79,20%. Kata kunci: TGT, hasil belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 14:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51904

Actions (login required)

View Item View Item