PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK KRISTEN 1 KLATEN

Ivan Dwi Putra Harianto, Ivan Dwi Putra Harianto (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK KRISTEN 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13501244017_Ivan Dwi Putra.pdf

Download (371MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktik lapangan yang wajib ditempuh oleh S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. Pelaksanaan PPL bertujuan untuk melatih para mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan bidang studi serta kemampuan yang dimiliki masingmasing. Para mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan potensi diri masing-masing, serta mendapatkan pengalaman di lapangan demi memantapkan ilmu yang telah didapatkan di perkuliahan. PPL dilaksanakan di SMK Kristen 1 Klaten, yang beralamat di Jl. Diponegoro, Gumulan, Klaten Tengah, Klaten, mulai dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Pelaksanaan PPL dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahap pertama merupakan tahap persiapan, yang terdiri dari pembekalan pembelajaran mikro, pembelajaran mikro, observasi sekolah dan kelas, pengembangan rencana pembelajaran, dan pembekalan PPL. Tahap yang kedua merupakan pelaksanaan praktik mengajar. Sebelum melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu harus menyiapkan perangkat pembelajaran, seperti RPP, modul, materi, dan media pembelajaran. Setelah perangkat pembelajaran selesai disusun, maka mahasiswa melaksanakan praktik mengajar dengan beberapa bentuk, mulai dari praktik mengajar terbimbing hingga praktik mengajar mandiri. Setelah melaksanakan praktik mengajar, mahasiwa melakukan penilaian terhadap hasil belajar dengan beberapa metode, yaitu tugas kelompok, tugas individu, dan penilaian sikap siswa. Tahap akhir dari pelaksanaan PPL yaitu guru memberikan penilaian dan evaluasi terhadap mahasiswa PPL, dan mahasiswa PPL menyusun laporan PPL sebagai bentuk pertanggungjawaban. Selain melaksanakan praktik mengajar, mahasiswa juga melaksanakan kegiatan persekolahan yaitu membantu pembuatan administrasi sekolah, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru (PLSSB), dan kegiatan lain yang dilaksanakan sekolah. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena menambah pengalaman sebagai seorang guru muda. Harapan ke depan, dari dua pihak instansi dapat bekerjasama dengan lebih baik, serta terus memperbaiki kekurangan pelaksanaan PPL. Sehingga pelaksanaan PPL kedepannya dapat berjalan lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Praktik Pengalaman Lapangan(PPL), Universitas Negeri Yogyakarta, SMK Kristen 1 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51902

Actions (login required)

View Item View Item