UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI WAYANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAYDI KELAS VA SDN KRAPYAK WETAN

Tyas, Wahyu Ciptaning (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI WAYANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAYDI KELAS VA SDN KRAPYAK WETAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Ciptaning Tyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar bahasa Jawa materi wayang dengan menggunakan model pembelajaran course review horay pada siswa kelas VA SD Negeri Krapyak Wetan Yogyakarta.Course review horay merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat menambah keaktifan siswa dalam proses pembelajaransehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilakukan selama 1 siklus, tiap siklus 2 kali pertemuan. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada proses pembelajaran yang tampak dari partisipasi, diskusi, belajar memecahkan masalah, penerapan dari model pembelajaran course review horay dan pencarian informasi yang dilakukan oleh siswa. Peningkatan terjadi karena guru dan siswa telah melaksanakan langkah-langkah pembelajaran course review horay yaitu guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, guru menyajikan atau mendemontrasikan materi pembelajaran, guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok, guru memberikan lembar latihan, siswa diminta untuk diskusi, siswa dan guru mencocokkan jawaban, guru menghitung point dan guru memberikan reward. Skor rata-rata hasil belajar bahasa Jawa materi wayang ranah kognitif pada pra tindakan sebesar 70,47 meningkat sebesar 17,03 menjadi 82,86 sesudah dilaksanakan tes pada siklus I dan hasil observasi menunjukkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 44,56% meningkat 42,94% menjadi 87,5%. Pada akhir siklus menunjukkan ≥75% siswa telah mencapai KKM. Kata kunci: Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Wayang, Model Pembelajaran Course Review Horay

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:31
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51894

Actions (login required)

View Item View Item