PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK KRISTEN 1 KLATEN

Andrean Billy Kurniawan, Andrean Billy Kurniawan (2016) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK KRISTEN 1 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan lengkap.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib diambil oleh mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL ini diadakan guna melatih mahasiswa dalam menyiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang harus memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan pendagogik yang profesional sehingga mahasiswa memiliki kompetensi dibidangnya, yaitu pendidikan. Sebagai modal mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan PPL sebagai salah satu syarat menyelesaikan gelar sarjana pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Kristen 1 Klaten yang berada di Jalan Diponegoro, Gumulan, Klaten Tengah mulai tanggal 15 Juli – 16 September 2016. Dalam pelaksanaannya, PPL di bagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap persiapan yang meliputi pembekalan PPL, pembelajaran mikro, observasi sekolah dan kelas. Tahap selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan, dimana pada tahap ini, mahasiswa melakukan praktik mengajar sekaligus melakukan persiapan-persiapan pengajaran dan ikut melakukan praktik persekolahan. Dalam praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu diharuskan membuat perangkat-perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, modul, materi, dll. Selain itu mahasiswa juga diberikan tugas oleh guru untuk membantu membuat silabus, program semester, dan program tahunan. Kemudian ada pula praktik persekolahan yang harus diikuti oleh mahasiswa seperti melaksanakan pendataan siswa baru maupun lama, pendataan alat-alat yang ada di bengkel, dll. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena dapat memberikan pengalaman secara langsung bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia pendidikan. Harapan ke depan, semoga program PPL ini dapat terus berjalan dan dapat lebih ditingkatkan lagi kualitasnya terutama dalam hal pelaksanaannya dimana perlu adanya konsentrasi khusus terhadap kegiatan PPL dan tidak ada pembagian waktu dengan kegiatan lain sehingga mahasiswa dapat berkonsentrasi penuh dalam peningkatan kompetensi yang diharapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Kristen 1 Klaten, Universitas Negeri Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51893

Actions (login required)

View Item View Item