PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENGASIH

Sugiarti, Uun (2017) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PENGASIH. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Uun Sugiarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA melalui multimedia interaktif pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengasih. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengasih dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Objek penelitian ini yaitu minat dan hasil belajar IPA pada aspek kognitif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran, skala minat belajar, tes akhir siklus, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan persentase dan rerata nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengasih mengalami peningkatan. Pada pra siklus, persentase rata-rata minat belajar siswa yaitu sebesar 72,41% pada kategori cukup dan hasil belajar IPA siswa kelas IV memiliki rata-rata sebesar 72,89. Pada siklus I, persentase rata-rata minat belajar siswa meningkat sebesar 79,87% atau dalam kategori baik dan hasil belajar IPA memiliki rata-rata 77,37. Pada siklus II, persentase rata-rata minat belajar meningkat sebesar 84,23% atau dalam kategori baik dan hasil belajar IPA memiliki rata-rata 80,79 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena siswa telah menggunakan interaktif dengan langkah, 1) memilih materi pada multimedia interaktif dengan lebih dibimbing oleh guru, 2) mencermati dan mempelajari materi bumi dan benda langit, dan 3) melakukan diskusi dengan pembagian tugas dalam kelompok. Kata kunci: Minat, Hasil Belajar, Multimedia Interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:21
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51887

Actions (login required)

View Item View Item