LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YAPPI WONOSARI

ELSA WAHYU HIDAYAT, ELSA WAHYU HIDAYAT (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK YAPPI WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13518241024_Elsa Wahyu Hidayat_Mekatro.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. kegiatan PPL ini bertujuan untuk belajar menyiapkan pembelajaran mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana, dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah. Melaksanakan pembelajaran mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah pada kelas yang akan diampu, mengevaluasi hasil pembelajaran mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah dan kemudian merefleksi hasil pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah sebagai inovasi pembelajaran yang efektif untuk pertemuan berikutnya. Kegiatan PPL dilaksanakan tanggal 15 Juli 2016 sampai tanggal 15 September 2016. Rencana kegiatan PPL adalah 12 jam setiap minggu dibagi 3 tatap muka, 6 jam untuk persiapan mengajar, 64 jam praktik mengajar di kelas, 10 jam evaluasi hasil pembelajaran, 24 jam penyusunan laporan, dan 134 jam kegiatan lain-lain. Persiapan mengajar meliputi penyusunan administrasi mengajar yang terdiri dari silabus, Rencana Pelasanaan Pembelajaran, perhitungan minggu efektif, penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, dan sebagainya. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas XI Listrik dan XII Listrik. Kegiatan praktik mengajar di kelas XI Listrik terlaksana 2 kali tatap muka dan kelas XII 1 kali tatap muka. Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi pembelajaran setiap kompetensi. Hasil kegiatan PPL terlaksana yaitu, 12 jam mengajar setiap minggu dibagi 3 tapap muka, persiapan mengajar 6 jam, praktik mengajar di kelas 64 jam, evaluasi 10 jam, pembuatan laporan 21 jam, dan kegiatan lain-lain 137 jam. Jumlah jam pelaksanaan kegiatan PPL sebanyak 290 jam dari 303 jam perencanaan, dengan prosentase terlaksana sebesar 95,7%. Hasil persiapan mengajar berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan materi mata pelajaran Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangun Sederhana dan mata pelajaran Pengoperasian Peralatan Pengendali Daya Tegangan Rendah, kegiatan mengajar di kelas sebanyak 24 kali tatap muka pada 2 kelas dan dilaksanakan secara team teaching. Hasil evaluasi pembelajaran berupa evaluasi ulangan harian.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, SMK YAPPI WONOSARI, Daya, Instalasi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:09
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51886

Actions (login required)

View Item View Item