PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PANCA INDRA BAGI SISWA KELAS IV DI MIM JATISALAM

Mahmudah, Siti Rikha (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PANCA INDRA BAGI SISWA KELAS IV DI MIM JATISALAM. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Rikha Mahmudah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Multimedia Interaktif Panca Indra sebagai media pembelajaran yang layak digunakan bagi siswa kelas IV baik dari segi materi maupun media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di MIM Jatisalam dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan instrumen angket. Hasil penelitian ini menunjukkan media Multimedia Interaktif Panca Indra dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA Kelas IV MIM Jatisalam. Kelayakan media dapat dilihat dari: 1) hasil akhir validasi ahli materi yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,25, 2) hasil akhir validasi ahli media yang termasuk kategori “Sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,52, dan 3) respon siswa dalam dua kali uji coba yang seluruhnya menunjukkan hasil “Sangat Baik” dengan rata-rata 4,40 dan 4,32. Kata kunci: Multimedia Interaktif Panca Indra, siswa kelas IV dan kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:05
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51885

Actions (login required)

View Item View Item