Susanti, Oktafiana Irma (2017) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD SEGUGUS III KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, PGSD.
Text
Oktafiana Irma Susanti.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Jatinom. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa Quasy Experimental Desain Type Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa (kelompok eksperimen) dan 20 siswa (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelompok ekesperimen sebesar 86,90 dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 78,19. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,912 lebih besar dari ttabel yaitu 1,685 (4,192 > 1,685). Kata kunci: model Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 05:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51883 |
Actions (login required)
View Item |