EFEKTIVITAS MULTIMEDIA BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 1 MANDIRAJA WETAN BANJARNEGARA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015

Rusliyanti, Novita (2017) EFEKTIVITAS MULTIMEDIA BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 1 MANDIRAJA WETAN BANJARNEGARA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Novita Rusliyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia berbasis power point untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN 1 Mandiraja Wetan dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara kelas yang menggunakan multimedia berbasis power point dengan kelas yang tidak menggunakan multimedia tersebut.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experiment dengan sampel penelitiannya adalah kelas VIA dan VIB SDN 1 Mandiraja Wetan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah multimedia berbasis power point, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia berbasis power point efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan nilai hasil belajar pretest-posttest pada kelompok eksperimen. Hasil skor pretest kelompok eksperimen sebesar 22,88; dan hasil posttest sebesar 31,62. Berdasarkan skor pretest-posttest kelompok eksperimen terdapat peningkatan sebesar 8,74. Berdasarkan hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan pada posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pemberian treatment dengan multimedia berbasis power point. Nilai thitung (2,964) > ttabel (2,00856) dengan signifikansi (0,005) ≤ 0,05 menunjukkan bahwa hipotesis tentang ada perbedaan pada skor posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada penggunaan multimedia berbasis power point terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI SD N 1 Mandiraja Wetan. Kata kunci: multimedia berbasis powerpoint, peta, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 05:32
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51881

Actions (login required)

View Item View Item