PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 SRANDAKAN

Sulistyaningrum, Novita Dewi (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 SRANDAKAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
NOVITA DEWI SULISTYANINGRUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri 1 Srandakan melalui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Srandakan, Bantul yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) observasi, dan (3) studi dokumenter. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dengan delapan komponen berupa making meaningful connections, doing significant work, self-regulated learning, collaborating, critical and creative thinking, nurturing the individual, reaching high standards, dan using authentic assessment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Rata-rata aktivitas siswa secara keseluruhan pada pra siklus sebesar 23,36%, selanjutnya dengan penerapan pendekatan CTL pada siklus I meningkat menjadi 78,80%. Sedangkan rata-rata capaian hasil belajar pada pra siklus 63,81 (kategori cukup) meningkat menjadi 78,33 (kategori baik) pada siklus I. Setelah dilakukan perbaikan oleh guru berupa memberi penguatan untuk bertanya/berpendapat, membagi kelompok secara heterogen, dan tegas dalam menegur siswa yang ramai dapat meningkatkan aktivitas siswa menjadi 88,43% (kategori sangat baik) pada siklus II. Sedangkan rata-rata capaian hasil belajar pada siklus II meningkat menjadi 85,24 (kategori baik sekali). Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pendekatan CTL.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 05:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51880

Actions (login required)

View Item View Item