PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WIDORO

Nurjanah, Isti (2017) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI WIDORO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Isti Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Widoro. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, tindakan dan observsasi, serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 sampai bulan April 2017 di SD Negeri Widoro, Pengasih, Kulon Progo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Widoro pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah skala rasa percaya diri, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan catatan lapangan. Jenis analisis data yang digunakan adalah deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inkuiri terbimbing yang diisi dengan kegiatan diskusi, peran guru yang aktif bertanya, tanya jawab oleh siswa, pemberian penguatan oleh guru dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pada pra siklus jumlah siswa yang memiliki rasa percaya diri pada kategori tinggi sebanyak 11%. Pada penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing siklus I, jumlah siswa dengan rasa percaya diri mencapai kategori minimal tinggi meningkat menjadi 72%. Hasil ini belum memenuhi kriteria keberhasilan penelitian sehingga peneliti melakukan tindak lanjut pada siklus II berdasarkan refleksi siklus I. Pada siklus II jumlah siswa dengan rasa percaya diri mencapai kategori minimal tinggi menjadi 89% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Kata kunci : rasa percaya diri, strategi pembelajaran inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 05:04
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51875

Actions (login required)

View Item View Item