LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI

Muhammad Aditya Firdaus, Muhammad Aditya Firdaus (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muh Aditya Firdaus_13803241080_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan universitas yang mengutamakan kemajuan dalam sektor pendidikan. Di mana dalam pengembangannya masih tetap mempertahankan dan terus mengembangkan salah satu fungsinya yaitu untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan sehingga menjadi tenaga pendidik yang professional. Demi terwujudnya generasi pendidik yang profesional UNY memberikan bekal berupa pengetahuan dan keterampilan dalam dunia kependidikan salah satunya dengan dilaksanakannya serangkaian mata kuliah yang salah satunya adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Hal ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. PPL Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Muhammadiyah Wonosari telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Jumlah anggota kelompok dilokasi ini terdiri dari 7 mahasiswa dari Program PJKR, Pendidikan Teknologi Informasi, dan Pendidikan Akuntansi. Sebelum kegiatan dilaksanakan, terlebih dahulu diawali dengan berbagai kegiatan persiapan, di antaranya pengajaran micro teaching, dan observasi. Dalam praktik pembelajaran lapangan praktikan merencanakan dan melaksanakan tugas tugas administrasi sekolah seperti membuat perangkat pembelajaran berupa RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, penyusunan evaluasi pembelajaran, dan membuat media pembelajaran. Secara umum tugas-tugas yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan tugas, sehingga tugas tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Demi kelancaran dalam proses pembelajaran praktikan selaluberkonsultasi dengan guru pembimbing dan mencari solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan selama kegiatan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : UNY, PPL, SMK Muhammadiyah Wonosari, Praktik Mengajar, Menyusun Administrasi Mengajar, Penyusunan Evaluasi Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51869

Actions (login required)

View Item View Item