ANALISIS KETERAMPILAN PROSES IPA DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK-TERPADU PADA SISWA KELAS IV B DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGO

Inshofa, Inshofa (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES IPA DASAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK-TERPADU PADA SISWA KELAS IV B DI SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Inshofa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan proses IPA dasar merupakan suatu keterampilan yang penting untuk dilatihkan karena memberikan kesempatan siswa untuk menemukan konsep IPA melalui proses pembelajaran secara aktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis keterampilan proses IPA dasar dalam pembelajaran tematik-terpadu pada siswa kelas IV B di SD Percobaan 4 Wates. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan siswa. Data diambil dari perencanaan pembelajaran melalui dokumentasi RPP dan wawancara guru, data pelaksanaan pembelajaran melalui observasi dan wawancara guru serta siswa, data evaluasi diperoleh melalui observasi siswa, dan data faktor pendukung serta penghambat diperoleh melalui observasi dan wawancara guru serta siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas berupa trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran tidak jauh berbeda dari rencana pelaksanaan pembelajaran. Dalam melatihkan keterampilan proses, guru memberikan kesempatan untuk berdiskusi dalam kelompok kecil dan besar, menelaah keterampilan proses yang digunakan siswa, mendorong adanya review bersama, menggunakan metode, alat dan media pembelajaran. Keterampilan proses IPA dasar yang dilatihkan, berbeda antara perencaanaan dan pelaksanaannya. Pada perencanaan guru hanya melatihkan keterampilan mengamati, mengkomunikasikan, dan menginferensi. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran, guru juga melatihkan keterampilan memprediksi. Keterampilan proses yang ditunjukkan siswa yaitu mengamati, mengkomunikasikan, menginferensi, dan memprediksi. Faktor pendukungnya yaitu: antusias siswa yang tinggi, usaha keras guru dalam mempersiapkan pembelajaran, alat dan media yang cukup memadai, dan tersedianya buku guru. Faktor penghambatnya yaitu: sebagian besar siswa kurang percaya diri, keluhan guru yang merasa kesulitan melatihkan keterampilan proses karena kemampuan dalam IPA masih terbatas, penyimpanan alat dan media yang tidak teratur dan jumlahnya terbatas, serta melatihkan keterampilan proses yang tergantung pada materi. Kata kunci: Keterampilan proses IPA dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:23
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51865

Actions (login required)

View Item View Item