PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL

Harjiyanti, Fajarina (2017) PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fajarina Harjiyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas IA di SDIT Luqman Al Hakim Internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi dua guru kelas IA yakni US dan UL, guru bimbingan konseling (YN), kepala sekolah (YNS), siswa pelaku bullying (HA) dan korban bullying (AR). Di dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, penanganan guru kelas tersebut dapat dijabarkan dalam 5 aspek yakni; (1) peran guru kelas sebagai pembimbing yang dilakukan secara langsung saat terjadi kasus atau lewat diskusi classmeeting, (2) peran guru kelas sebagai mediator dan fasilitator dengan memediasi antara pelaku dan korban didukung dengan program sekolah dan difasilitasi dengan media belajar mengenai bullying, (3) peran guru kelas sebagai penasehat yang dilakukan dengan memberikan saran pada pelaku serta korban bullying dan apabila guru sudah tidak mampu menangani maka kasus akan diserahkan pada guru BK, (4) hambatan dalam penanganan bullying diantaranya adalah kendala komunikasi, (5) hasil penanganan terhadap pelaku dan korban bullying yakni korban menjadi lebih paham cara agar tidak terbully dan pelaku menjadi lebih berhati-hati agar tidak melakukan bullying. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying di SDIT Luqman Al Hakim telah terlaksana dengan baik. Kata kunci: Peran Guru, Penanganan Bullying.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51862

Actions (login required)

View Item View Item