LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA TEKNIK KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) DI KELAS XI OA,OB DAN OC SMK NEGERI 2 WONOSARI

Muhammad Muhson, A.Md.T., Muhammad Muhson, A.Md.T. (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA TEKNIK KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) DI KELAS XI OA,OB DAN OC SMK NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
15504247012_Muhammad Muhson_PendidikanTeknik Otomotif.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMKN 2 Wonosari dengan tahapan metode meliputi : 1) Melakukan observasi kondisi lembaga, kondisi sekolah dan pembelajran di kelas. 2) Melakukan persiapan pembelajaran dengan melengkapi Buku kerja guru seperti Program Tahunan, Program semester, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lainnya, dan 3) Melaksanakan praktik mengajar PSPTKR ditambah dengan melakukan evaluasi dalam bentuk ulangan harian setiap selesai satu kompetensi dasar (KD). Hasil dari pelaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah (1) Terselesaikannya tugas PPL dengan pelaksanaan selama 2 bulan dari mulai tanggal 15 juli 2016 sampai 15 september 2016. (2) Hasil nilai ulangan harian setiap satu Kompetensi dasar (KD) 70% dari semua siswa mendapat nilai diatas atau sama dengan nilai KKM (75). 25 % siswa mendapat nilai kurang 5 dari nilai KKM dan 5 % siswa mendapat nilai kurang 10 dari nilai KKM. (3) Didapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi murid seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar yang berisi Program tahunan, Program semester, Silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Pemeliharaan shasis dan pemindah tenaga Teknik kendaraan ringan, SMK Negeri 2 Wonosari.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:55
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51855

Actions (login required)

View Item View Item