INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD ANEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Sangaji, Yusuf (2017) INTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD ANEGERI PERCOBAAN 2 DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yusuf Sangaji.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA SD Negeri Percobaan 2 dalam pembelajaran IPA melalui integrasi permainan tradisional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral tindakan kelas yang dikemukakan oleh Hopkins. Model ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SD Negeri Percobaan 2 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah jumlah siswa yang motivasi belajarnya mencapai kriteria minimal tinggi sebesar >80% jumlah keseluruhan siswa dan setiap indikator motivasi belajar telah dicapai oleh minimal 70% jumlah keseluruhan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi permainan tradisional dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Percobaan 2. Hal itu dapat dibuktikan dengan data angket pra tindakan, siswa yang mencapai minimal kategori tinggi sebanyak 6 siswa atau sebesar 17,14%. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan integrasi permainan tradisional pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai minimal kategori tinggi sebanyak 28 siswa atau sebesar 80%. Peningkatan ini diikuti dengan tercapainya delapan indikator motivasi belajar. Pada siklus II, perbaikan yang dilakukan yaitu 1) kelas dibagi menjadi 4 kelompok, 2) penilaian permainan dilakukan secara terbuka. Peningkatan motivasi belajar menjadi 33 siswa atau sebesar 94,29%. Peningkatan ini diikuti dengan tercapainya semua indikator motivasi belajar. Kata kunci: motivasi belajar, pembelajaran IPA SD, permainan tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:38
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51845

Actions (login required)

View Item View Item