PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 AMBALRESMI AMBAL KEBUMEN

Pamungkassari, Wahyu Dias (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 AMBALRESMI AMBAL KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Dias Pamungkassari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi, Ambal, Kebumen. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Ambalresmi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis and Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi, Ambal, Kebumen yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan yang terlihat dari perhatian siswa meningkat dan siswa tampak senang. Hal ini tampak pada siswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh pada saat guru memberi contoh cara membaca dengan benar. Di samping itu antusias siswa meningkat tampak pada banyaknya siswa yang berkeinginan membaca di depan kelas secara mandiri. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar 5,7, yang kondisi awal 68,6 meningkat menjadi 74,3, dan pada siklus II meningkat sebesar 12 yang kondisi awal 68,6 menjadi 80,6. Kata kunci : membaca permulaan, media flashcard, Siswa Kelas 1 SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:31
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51843

Actions (login required)

View Item View Item