PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 KEPURUN

Latifah, Nur Utami (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TURNAMENTS (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 KEPURUN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Nur Utami Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model cooperative learning tipe teams games turnaments (TGT) pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Kepurun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kepurun yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa di kelas V SD Negeri 1 Kepurun pada mata pelajaran IPS menggunakan model cooperative learning tipe teams games turnaments TGT. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 68,65% (tinggi) dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II meningkat menjadi 84,63% (tinggi sekali). Artinya ada peningkatan sebesar 15,98%. Hasil angket juga menunjukkan adanya peningkatan dari rata-rata 76,6 pada siklus I dan meningkat menjadi 80,2 pada siklus II. Tindakan penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil pada siklus II karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci: keaktifan siswa, pembelajaran IPS, cooperative learning tipe TGT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:18
Last Modified: 10 Aug 2017 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51837

Actions (login required)

View Item View Item