UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 SAJEN TRUCUK KLATEN

Milaningsih, Marlita Diah (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 1 SAJEN TRUCUK KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Marlita Diah Milaningsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VA SD Negeri 1 Sajen, Trucuk, Klaten pada tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Sajen, Klaten dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Keabsahan data ini menggunakan uji validitas dari expert judgement. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VA SD Negeri 1 Sajen. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Hasil tes keterampilan berpikir kritis pra tindakan rata-rata 54,81 dengan ketuntasan 23% (6 siswa) meningkat pada siklus I menjadi 71,35 dengan ketuntasan 61% (16 siswa). Rata-rata kelas pada siklus II adalah 79,61 dengan persentase ketuntasan mencapai 81% (sudah mencapai kriteria minimal). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: model kooperatif think pair share, keterampilan berpikir kritis, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51835

Actions (login required)

View Item View Item