PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WIROSABAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Susanti, Dwi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI WIROSABAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwi Susanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Wirosaban Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wirosaban Yogyakarta yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat memperbaiki kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Wirosaban Yogyakarta. Perbaikan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan peningkatan sikap perhatian dan partisipasi, keberanian, dan tanggung jawab siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan, siswa yang lulus KKM yaitu dari 13,33% menjadi 66,67% pada siklus I, dan menjadi 86,67% pada siklus II. Tindakan penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus III karena telah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51832

Actions (login required)

View Item View Item