LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI KELAS XI OA, OB DAN OC SMK NEGERI 2 WONOSARI

Beni Dwi Atmaji, Beni Dwi Atmaji (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MENGAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI KELAS XI OA, OB DAN OC SMK NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13504241054_BENI DWI ATMAJI_PT OTOMOTIF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 kependidikan. Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan pedagogik yang profesional. Tempat yang menjadi lokasi pelaksanaan PPL UNY 2016 adalah SMK Negeri 2 Wonosari, yang beralamat di Jl. K.H. Agus Salim No.17, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan persiapan dimulai dengan observasi pembelajaran, konsultasi guru pembimbing dan mempersiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, modul, buku kerja guru dan media pembelajaran. Dalam pelaksanaan PPL, penulis diberikan tugas oleh guru pembimbing lapangan memberikan materi kompetensi kejuruan “Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan”. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 12 September 2016, dengan menerapkan Kurikulum 2013 dan jumlah total 18 jam tiap minggu. Hasil dari pelaksanakan praktik pengalaman lapangan ini adalah (1) Terselesaikannya tugas PPL dengan pelaksanaan selama 2 bulan dari mulai tanggal 15 juli 2016 sampai 15 september 2016. (2) Ilmu yang diterapkan di SMK diterima dengan baik oleh siswa dibuktikan dengan nilai ujian praktik siswa yang mendapat nilai diatas atau sama dengan nilai KKM (75) adalah; Kelas XI OA 96,8% siswa, Kelas XI OB 96,7% siswa, Kelas XI OC 93,75% siswa. (3) Didapatkan pengalaman menjadi seorang pendidik yang mana selain menghadapi murid seorang pendidik juga harus menyiapkan buku ajar sebagai administrasi mengajar yang berisi Program tahunan, Program semester, Silabus, Rencana pelaksanaan pembelajaran dan lainnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan, SMK Negeri 2 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item