Nurwanti Megantari, Nurwanti Megantari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Periode 15 Juli – 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
laporan ppl Nurwanti Megantari.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas dan profesional. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMA Negeri 2 Klaten, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai serta sangat dibutuhkan dalam memperlancar proses belajar mengajar. Dalam setiap kali praktik mengajar di lapangan wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang nantinya akan disampaikan kepada peserta didik di dalam kelas. Kegiatan PPL ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli – 15 September 2016. Melalui kegiatan PPL ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh para praktikan, baik dalam hal mengajar maupun dalam hal mengasah kepribadian bermasyarakat. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik dan dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, SMA Negeri 2 Klaten |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 01:03 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |