PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA RESTORAN PAPA RON’S PIZZA DI YOGYAKARTA

Wiwin, Suhartantin (2017) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA RESTORAN PAPA RON’S PIZZA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Wiwin Suhartantin_13511241009.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) Mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Papa Ron’s Pizza Yogyakarta, yang meliputi : product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. (2) Mengetahui tanggapan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Papa Ron’s Pizza Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan tujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual dan akurat mengenai strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh Papa Ron’s Pizza Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah pelanggan yang membeli produk di Papa Ron’s Pizza sebanyak 3000 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 100 orang ditentukan dengan rumus Slovin, selanjutnya sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data deskriptif dengan distribusi frekuensi. Hasil uji validitas 30 sampel menyatakan valid dan hasil uji reliabel menyatakan nilai alpha hitung 0,951 dari 35 butir pertanyaan. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Strategi bauran pemasaran yang dilakukan Papa Ron’s Pizza menurut pengelola terhadap aspek product, price, place, people, process, dan physical evidence adalah pada kategori tinggi dan aspek promotion, pengelola menyatakan pada kategori sedang. (2) Tanggapan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran yang dilakukan Papa Ron’s Pizza adalah sebagai berikut : (a) Pada aspek product, tanggapan konsumen masuk kedalam kategori sedang (62%), (b) aspek price dalam kategori sedang (68%), (c) aspek place kategori sedang (62%), (d) aspek promotion kategori sedang (68%), (e) aspek people kategori sedang (63%), (f) aspek process kategori sedang (84%), dan (g) aspek physical evidence kategori sedang (62%). Berdasarkan hasil penelitian, konsumen berpendapat bahwa aspek promotion dalam kategori sedang, namun tanggapan untuk kategori rendah dalam aspek promotion sebesar 17% dan angka tersebut merupakan prosentase paling tinggi apabila dibanding dengan tanggapan untuk kategori rendah diantara aspek bauran pemasaran lainnya. Kata kunci : Penerapan Strategi Bauran Pemasaran, Papa Ron’s Pizza Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Aug 2017 08:01
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51802

Actions (login required)

View Item View Item