CINTA ADI KUSUMADEWI, CINTA ADI KUSUMADEWI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PPL_Cinta Adi Kusumadewi.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan adanya pelaksanaan PPL ini, mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan dan juga belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat memberi dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. Pelaksanaan kegiatan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa yaitu pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi sesuai bidang serta meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan memecahkan masalah. Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenal seluk beluk sekolah dengan segenap pihak seolah dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkreasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari dan mengembangkannya di masyarakat. Masyarakat yang dimaksud adalah masyarakat di lembaga pendidikan baik formal maupun non formal. SMA NEGERI 2 KLATEN yang beralamat di Jalan Angsana, Trunuh, Klaten Selatan sebagai lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan kepada penulis dalam melaksanakan program PPL UNY 2016. Program PPL dilaksanakan di SMA Negeri 2 Klaten, Jalan Angsana, Trunuh, Klaten Selatan. PPL ini dimulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan dalam program PPL ini antara lain observasi kegiatan pembelajaran, menyiapkan RPP, menyiapkan media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing, praktik mengajar di kelas, dan mengadakan evaluasi. Materi yangdiajarkan sampai tahap evaluasi adalah materi vektor (matematika peminatan) untuk siswa kelas XII MIPA 3, XII MIPA 4, dan XII MIPA 5, serta materi barisan aritmatika dan deret geometri (matematika wajib) untuk siswa kelas XII MIPA 6 dan XII MIPA 7 . Dari program PPL ini, mahasiswa memperoleh pengalaman untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai dalam kehidupan yang nyata di sekolah, juga tanggung jawab yang harus diemban sebagai seorang guru. Selain itu, dengan adanya program PPL ini, memperoleh banyak kompetensi dan keterampilan untuk menjadi guru yang profesional. Secara keseluruhan, kegiatan PPL di SMA NEGERI 2 KLATEN berjalan dengan baik dan lancar berkat dukungan dari DPL PPL, guru pembimbing, peserta didik dan rekan dari mahasiswa PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pengalaman, PPL, praktik mengajar, guru profesional |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 10 Aug 2017 00:33 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |