Dampak UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan UNPBT (Ujian Nasional Paper Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Motivasi Mengajar Guru SMA/MA.

Utari, Endah Septiani (2017) Dampak UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan UNPBT (Ujian Nasional Paper Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Motivasi Mengajar Guru SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endah septiani utari-15701251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui dampak UNBK dan UNPBT terhadap (1) motivasi belajar siswa SMA/MA dan (2) motivasi mengajar guru SMA/MA. Jenis penelitian adalah penelitian survei. Subjek penelitian adalah siswa dan guru serta subjek pendukung adalah kepala sekolah dan ketua MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Responden diambil dengan proportional stratified random sampling dari 20 SMA/MA di Kabupaten Magelang yang telah UNBK dan di Kabupaten Magelang serta Kabupaten Temanggung yang masih UNPBT. Jumlah sampel secara keseluruhan sebanyak 945 siswa dan 70 guru. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert dan panduan wawancara sebagai data pendukung. Jumlah item pada instrumen motivasi belajar siswa sebanyak 33 pernyataan dan instrumen motivasi mengajar guru sebanyak 30 pernyataan. Validasi instrumen menggunakan validitas isi dengan rumus Aiken dan validitas konstruk dengan pendekatan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil validasi konstruk menunjukkan bahwa nilai KMO>0,5 dan sig.<0,5. Semua item memiliki nilai faktor loading >0,4, artinya semua item valid. Semua instrumen termasuk kategori reliabilitas sangat tinggi karena nilai alpha >0,80. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak UNBK di sekolah negeri dan swasta terhadap motivasi belajar termasuk kategori tinggi. Dampak UNBK Negeri-Swasta terhadap motivasi belajar termasuk kategori tinggi. Dampak UNPBT di sekolah negeri dan swasta terhadap motivasi belajar termasuk kategori tinggi. Dampak UNPBT Negeri-Swasta terhadap motivasi belajar termasuk kategori tinggi. Dampak UNBK di sekolah negeri dan swasta terhadap motivasi mengajar termasuk kategori rendah. Dampak UNBK Negeri-Swasta terhadap motivasi mengajar termasuk kategori rendah. Dampak UNPBT di Sekolah Negeri dan Swasta terhadap motivasi mengajar termasuk kategori rendah. Dampak UNPBT Negeri-Swasta terhadap motivasi mengajar termasuk kategori kategori tinggi. Kesimpulannya, Dampak UNBK dan UNPBT, baik di sekolah negeri, swasta, maupun negeri-swasta terhadap motivasi belajar termasuk tinggi, sedangkan dampak UNBK dan UNPBT di sekolah negeri dan swasta terhadap motivasi mengajar termasuk rendah dan dampak UNBK dan UNPBT negeri-swasta termasuk tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: UNBK, UNPBT, motivasi belajar, motivasi mengajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2017 08:22
Last Modified: 20 Jun 2022 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51787

Actions (login required)

View Item View Item