Cucu Cahyaningsih, Cucu Cahyaningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Cucu Cahyaningsih.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan PraktekPengalamanLapangan (PPL)merupakansalahsatumata kuliah praktekyangwajib ditempuh olehmahasiswasebagai salah satusyaratdalam menyelesikan gelarsebagaisarjanapendidikanselainpelaksanaanKKNdanTugas AkhirsertaSkripsi di UniversitasNegeri Yogyakarta.Visidari PraktekPengalaman Lapangan (PPL)adalah wahanapembentukan calon guruatau tenagakependidikan yangprofessional. Secaraumum,pelaksanaanPPLmeliputiempattahapanyaitu:tahappersiapan, pelaksanaan,evaluasi dan penyusunanlaporan.Tahapan pelaksanaan PPLmeliputi tahap pembekalan,penerjunan,dan praktikmengajar.PelaksanaanprogramPPL dimulaidaritanggal18 Juli – 15 September 2016 di SMA N 3 Klaten.Pelaksanaanprogramdiisidenganobservasikelas,konsultasi,pembuatan administrasi guru(membuatsoal praktikakuntansi perusahaanjasa,membuatsoal evaluasi,membuatagendaharian,membantuadministrasi guru,membuatRPP,dan membuatmateri ajar),praktikmengajardanevaluasi.Dalam praktikmengajar,kelas yangdiampuadalahkelasXI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XIMIPA 5.Evaluasimeliputi pembuatansoal praktikumdanteorisertapembuatantugas untuksiswa. SecaraumumProgramPPLdapatdilaksanakandenganbaikdanlancartanpa mengalamisuatuhambatanyangberarti.Padarealisasinyakegiatan berjalan sesuai dengan targetyangsudah direncanakan.Kegiatan PPLini dilaksanakan padasaat KegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Manfaatyangdiperolehdarikegiatan PPLadalah meningkatkankemampuandalam menerapkan ilmu pengetahuandan keterampilanyang telah diperoleh dibangkukuliah sekaligusmemperluaswawasan danpengalamantentangkegiatanpendidikandankegiatanyangmenunjangkelancaran prosesbelajar-mengajardisekolah.Sebagaiupayapeningkatan kualitasdan profesionalitastenagapengajar,kegiatan PPLperluditingkatkan denganmembina hubunganantarlembagapendidikanyangterkait. Program-program yang telah terlaksana merupakan indikasi keberhasilansemuapihakyang terkait.SetelahmasaPPL,diharapakan pihaksiswa akan terusberusahaberkaryauntukmengembangkanbakatdan kemampuannyadi semuabidang,menemukan carabelajaryangefektif,danberorganisasi dengan dibimbing olehguru pembimbing. Keberhasilan pelaksanaanPPL ini, hendaknya disikapi oleh pihakUniversitasNegeri Yogyakartadenganmeningkatkanjalinan komunikasidan kerjasamadengan SMA N 3 Klaten,agarpelaksanaanPPL dimasamendatangakanlebihbaikdanbermanfaatbagipengembangansekolah, siswa danmahasiswapraktikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Fisika, SMA 3 Klaten |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 07:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51778 |
Actions (login required)
View Item |