LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016/2017 DI SMA NEGERI 2 WONOSARI

Naufal Hanif Hibatullah, Naufal Hanif Hibatullah (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016/2017 DI SMA NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241047_Naufal Hanif Hibatullah_Pendidikan Kimia.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sarana mahasiswa untuk dapat melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran serta manajerial sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata kegiatan peembelajaran dengan harapan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sehingga siap untuk terjun ke dunia kependidikan sebagai pengajar profesional. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jenjang S-1 kependidikan, termasuk Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang akan menjalani profesi sebagai pendidik. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu diawali dengan observasi sekolah dengan melihat secara langsung KBM yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai bidang ilmunya masing-masing. Kemudian dilaksanakan kegiatan mengajar di kampus bersama dosen micro teaching dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar di sekolah. Kegiatan PPL berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, yaitu sejak tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggrakan oleh pihak UNY di SMA Negeri 2 Wonosari .Praktik mengajar di kelas dengan jumlah mengajar minimal 4 kali mengajar terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, dan telah dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan. Dalam praktik mengajar dilakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan RPP, materi pembelajaran, media pembelajaran, hingga pembuatan soal ulangan dan analisis ketuntasan. Hasil kegiatan PPL selama satu bulan ini memberikan cukup pengalaman bagi mahasiswa sebagai bekal mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansinya. Hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal. Mahasiswa juga belajar tentang pengelolaan sekolah beserta kultur sekolah secara sosial maupun profesional. Hal yang penting dari PPL ini adalah mahasiswa mendapatkan pengalaman berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan peserta didik dan masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 2 Wonosari, Pengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 04:01
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51763

Actions (login required)

View Item View Item