LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WONOSARI

Dimas Agus Wijanarko, Dimas Agus Wijanarko (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13303241023_Dimas Agus Wijanarko_Pendidikan Kimia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan untuk semua jurusan. Saat ini kegiatan PPL dilaksanakan secara terbimbing yang penyelenggaraannya di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, khususnya calon guru, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas. Saah satu lokasi yang ditunjuk oleh Universitas Negeri Yogyakarta adalah SMA Negeri 2 Wonosari. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 Septermber 2015 bertempat di SMA N 2 Wonosari yang beralamat di Jalan Ki Ageng Giring 03, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan yang dilakukan adalah observasi lingkungan pembelajaran dan lingkungan fisik sekolah, persiapan mengajar pembuatan rencana pembelajaran, kegiatan praktik mengajar, pembuatan media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, analisis hasil evaluasi, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 2 Wonosari. Secara keseluruhan fasilitas yang dimiliki SMA Negeri 2 Wonosari ini sudah cukup lengkap, meskipun ada beberapa prasarana yang belum dimiliki oleh SMA Negeri 2 Wonosari ini. Selama praktik mengajar praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu kelas XI MIPA dengan jumlah 3 kelas. Adapun dari pelaksanaan program-program kami tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Selain itu, adanya persiapan dan perencanaan yang matang dari praktikan. Keterlibatan guru pembimbing, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL-PPL), dan peserta didik yaitu siswa-siswi SMA Negeri 2 Wonosari akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). . Praktikan diberi tanggung jawab untuk mengampu dan mengajar kelas XI MIPA 1,2 dan 3 selama praktik mengajar. Materi yang diberikan antara lain hidrokarbon, minyak bumi, dan termokimia. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Selain itu juga memperoleh pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, Pembelajaran, SMA N 2 Wonosari, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 03:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51761

Actions (login required)

View Item View Item