Evaluasi Dampak Program Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan

Marfu'ah, Siti (2017) Evaluasi Dampak Program Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-marfuah-15721251002.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi (1) reaksi guru terhadap pengalaman mengikuti program pengembangan keprofesionalan, (2) ketercapaian pembelajaran kognitif, psikomotor dan afektif yang didapatkan guru selama mengikuti program pengembangan keprofesionalan, (3) dukungan dan kebijakan sekolah terhadap guru, (4) pemanfaatan hasil program pengembangan kegiatan keprofesionalan guru di dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian evaluasi program yang dikembangkan oleh Kirkpatrick. Subjek ujicoba terdiri atas 30 guru dan 30 peserta didik dari 8 SMK Negeri dan Swasta di Provinsi Bangka Belitung. Pengumpulan data digunakan kuesioner. Uji validitas dilakukan melalui expert judgement dan korelasi product moment. Hasil uji validitas instrumen diperoleh: (1) aspek reaksi guru sebanyak 12 item, dinyatakan valid dengan nilai rxy 0,344 sampai dengan 0,775, (2) aspek ketercapaian pembelajaran sebanyak 9 item, dinyatakan valid sebanyak 8 item dengan nilai rxy antara 0,513 sampai dengan 0,801, (3) aspek dukungan dan kebijakan sekolah sebanyak 19 item, dinyatakan valid sebanyak 18 item dengan nilai rxy antara 0,446 sampai dengan 0,858, (4) aspek pemanfaatan hasil sebanyak 9 item, dinyatakan valid dengan nilai rxy antara 0,567 sampai dengan 0,876. Uji reliabilitas dilakukan perhitungan Cronbach Alpha dengan koefisien reliabilitas, yaitu: (1) aspek reaksi dengan nilai sebesar 0,844, (2) aspek ketercapaian pembelajaran dengan nilai sebesar 0,775, (3) aspek kebijakan dan dukungan dengan nilai sebesar 0,940, (d) aspek pemanfaatan dengan nilai sebesar 0,913. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji nonparametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) guru memberikan reaksi yang baik terhadap program pengembangan keprofesionalan secara mandiri, (2) guru mampu meraih hasil yang baik dalam pembelajaran kognitif, psikomotor dan afektif, (3) guru memperoleh dukungan dan kebijakan yang baik dari sekolah, (4) guru mampu dengan baik memanfaatkan hasil program pengembangan keprofesionalan secara mandiri di dalam pembelajaran. Disamping itu, hasil penelitian ini dapat diketahui adanya kesamaan ketercapaian program pengembangan keprofesionalan secara mandiri pada aspek reaksi, ketercapaian pembelajaran, kebijakan dan dukungan, serta pemanfaatan hasil di SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Four Level, Pengembangan Keprofesionalan, Pembelajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2017 06:08
Last Modified: 10 May 2019 01:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51747

Actions (login required)

View Item View Item