PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI

Egha Andika, Nanda and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM (CNP) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XI PADA MATERI KESEIMBANGAN DAN DINAMIKA ROTASI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full_Nanda Egha Andika.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk LKPD berbentuk Finding Out Question, Discussion and Determination, Study Related Theory, dan Inquiry Activity berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi di SMA/MA yang layak untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. (2) Mengetahui peningkatan kemampuan kognitif peserta didik setelah diimplementasikan LKPD berbentuk Finding Out Question, Discussion and Determination, Study Related Theory, dan Inquiry Activity yang dikembangkan dengan berbasis model pembelajaran CNP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan desain yang diadaptasi dari model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) menurut Thiagarajan dan Semmel (1974). Tahap define dilakukan untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan instrumen penelitian, rancangan awal RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP, beserta perangkat pembelajarannya. Tahap develop dilakukan untuk menghasilkan RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP serta soal pretest dan posttest. Tahap disseminate dilakukan untuk penyebaran RPP dan LKPD berbasis model pembelajaran CNP dalam skala yang lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis model pembelajaran CNP yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi guna meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik SMA kelas XI ditinjau dari hasil validitas, reliabilitas, dan respon peserta didik. (2) Peningkatan kemampuan kognitif peserta didik SMA kelas XI dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP pada materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi ditinjau dengan standard gain sebesar 0,18 yang termasuk dalam peningkatan kategori rendah. Kata-kata kunci: Pengembangan LKPD, Curious Note Program, Kemampuan Kognitif, dan Keseimbangan dan Dinamika Rotasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51734

Actions (login required)

View Item View Item