LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II SEMESTER KHUSUS PENERAPAN SISMINKADA (SISTEM ADMINISTRASI PERKANTORAN DAERAH) DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Yowanika Reza Utama Putri, Yowanika Reza Utama Putri (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) II SEMESTER KHUSUS PENERAPAN SISMINKADA (SISTEM ADMINISTRASI PERKANTORAN DAERAH) DI DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. Yowanika Reza UP_13101241041.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh dan wajib lulus pada program studi Manajemen Pendidikan. Secara umum, tujuan diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan keilmuan yang telah didapat selama bangku perkuliahan pada dunia kerja yang nyata. Praktik Pengalaman Lapangan juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, menganalisis, dan memecahkan masalah dalam penerapan kelimuan. PPL 2 dilaksanakan selama 2 bulan pada tanggal 15 Juli - 15 September 2016 di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul khususnya di Sub Bagian Umum. Salah satu tugas Subbag Umum adalah pengelolaan surat menyurat. Setiap harinya Sub Bagian Umum menangani 5-50 surat. Setiap surat memerlukan suatu penanganan dari mulai surat datang/dibuat sampai diedarkan. Sedangkan Sub Bagian Umum hanya memiliki 3 petugas bagian Administrasi Umum. Permasalahan yang sering terjadi yaitu arsip surat yang hilang dan sulit ditemukan kembali. Dengan volume kerja banyak banyak, maka tidak menutup kemungkinan dibutuhkan suatu sistem yang mampu membackup arsip surat sekaligus pengelolaannya agar lebih efektif dan efisien. SISMINKADA (Sistem Administrasi Perkantoran Daerah) merupakan sebuah sistem administrasi perkantoran yang terhubung dengan seluruh SKPD melalui jaringan internet. Melalui SISMINKADA diharapkan pengelolaan surat menyurat, arsip, dan agenda pimpinan menjadi lebih mudah dan cepat. Secara umum, program utama terlaksana dengan baik meskipun belum bisa menampilkan agenda pimpinan di lobby Dinas DIKPORA. Dengan terlaksanannya program ini, diharapkan pihak Dinas DIKPORA menindaklanjuti pemanfaatan aplikasi SISMINKADA agar kedepannya dapat terus dimanfaatkan dan membantu proses kegiatan administrasi perkantoran. Persentase program utama yaitu sebesar 64%, program penunjang sebesar 8%, program tambahan sebesar 24%, dan program insidental sebesar 4% dari total keseluruhan program yang dilaksanakan selama PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sub Bagian Umum, SISMINKADA
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51732

Actions (login required)

View Item View Item