PENGEMBANGAN DATABASE DAN REKAPITULASI DATA BARANG HABIS PAKAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Aprilianto, Bisma Putra (2016) PENGEMBANGAN DATABASE DAN REKAPITULASI DATA BARANG HABIS PAKAI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. Bisma Putra Aprilianta_13101241025.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mahasiswa yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Dengan bekal yang sudah didapatkan di perkuliahan mahasiswa diajarkan untuk merasakan bagaimana suasana kerja secara nyata di lembaga berdasarkan latar belakang keilmuannya, kegiatan PPL ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang handal dan professional. Mahasiswa disini mengambil judul program “Pengembangan Database dan Rekapitulasi Data Barang Habis Pakai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul.” Tujuan dari program ini adalah memberikan kemudahan akses dalam menginput data laporan pertanggungjawaban keuangan di dinas pendidikan pemuda dan olahraga yang berguna untuk memudahkan input dengan menggunakan excel dan system kode agar lebih efisien dan akuntabel. Dalam pelaksanaan program, dibagi menjadi 3 tahap yaitu awal melalui sosialisasi program, persiapan program dengan menyiapkan aplikasi dan pelaksanaan. Selain melaksanakan program utama, mahasiswa juga melaksanakan program penunjang berupa mengadakan lomba HUT 17 an bersama seluruh pegawai dinas pendidikan pemuda dan olahraga serta melaksanakan program tambahan yang sidatnya insidental serta bertujuan membantu pekerjaan dari seksi dan dinas tempat mahasiswa melaksanakan PPL. Hasil dari program PPL ini adalah database mengenai rekapitulasi data barang habis pakai di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang disajikan dalam bentuk Microsoft Excel serta dalam buku sebagai arsipnya. Program ini berjalan dengan baik dan selesai dengan baik dengan diterimanya softfille serta hardfile oleh Kepala Seksi bidang kemudian diserahkan kepada subbag umum. Kekurangan program ini adalah tidak lengkapnya data dan mahasiswa lupa mencantumkan identitas mahasiswa serta universitas, kepala bidang, dan kepala seksi yang dapat digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan hak cipta. Tindak lanjut hasil program ini adalah pencarian data yang belum lengkap dengan cara menghubungi lembaga yang belum mengumpulkan data serta mencari instrument yang hilang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Mada Sutapa, M.Si. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Rekapitulasi, Database, Barang Habis Pakai, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:07
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51731

Actions (login required)

View Item View Item