Pengaruh Konformitas Terhadap Teman Sebaya, Keterampilan Sosial, Persepsi Sinetron Anak Jalanan terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMK Muhamamdiyah 1 Salam Magelang.

Susanto, Ali (2017) Pengaruh Konformitas Terhadap Teman Sebaya, Keterampilan Sosial, Persepsi Sinetron Anak Jalanan terhadap Perilaku Agresif Siswa di SMK Muhamamdiyah 1 Salam Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ali-susanto-14713251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh konformitas terhadap teman terhadap sebaya terhadap perilaku agresif siswa; (2) pengaruh keterampilan sosial terhadap perilaku agresif siswa; (3) pengaruh persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa dan (4) pengaruh konformitas terhadap teman sebaya, keterampilan sosial dan persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan secara bersama-sama terhadap perilaku agresif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah 715 siswa SMK Muhammadiyah 1 Salam. Penentuan jumlah sampel menggunakan nomogram Harry King dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 240 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional stratifield random Sampling. Instrument pengumpul data berupa skala dengan jawaban berskala 1-4 yang terdiri dari 85 aitem pernyataan. Validitas instrument meliputi validitas isi (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konformitas terhadap teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa sebesar 47.6% (2) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara keterampilan sosial terhadap perilaku agresif siswa sebesar 51.4%; (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa sebesar 21.4% dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara konformitas terhadap teman sebaya, keterampilan sosial dan persepsi terhadap Sinetron Anak Jalanan terhadap perilaku agresif siswa sebesar 63.4%, dengan persamaan regresi linier berganda yaitu Ỹ=66.473+1.032 X1+(-0.476 X2)+0.311 X3. Hasil analisis regresi secara parsial maupun secara bersama-sama menunjukkan bahwa semakin tinggi konformitas terhadap teman sebaya, semakin rendah rendah keterampilan sosial dan semakin positif persepsi terhadap sinetron Anak Jalanan maka semakin tinggi perilaku agresif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Konformitas, teman sebaya, keterampilan sosial, persepsi sinetron anak jalanan dan perilaku agresif.
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Aug 2017 02:00
Last Modified: 01 Nov 2022 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51725

Actions (login required)

View Item View Item