LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI

Krisna Raditya Pratama, Krisna Raditya Pratama (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11. 13303244009_KRISNA RADITYA PRATAMA_Pendidikan Kimia.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki suatu program bagi mahasiswa jurusan kependidikan yaitu program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari keseluruhan pengalaman belajar yang telah ditempuh sebelumnya ke dalam pelatihan di lapangan untuk mewujudkan salah satu misi UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (PPL UNY) dilaksanakan di SMAN 1 Wonosari yang dimulai dari penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada tanggal 4 Maret 2016 sampai dengan 14 September 2016. Namun, praktikan juga mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional di Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK) Taman Desa Skudai, Johor Bahru, Malaysia dari tanggal 24 Juli 2016 sampai dengan 25 Agustus 2016. Mahasiswa PPL di SMAN 1 Wonosari berjumlah 14 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa jurusan Bahasa Jawa dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. Kegiatan yang dilaksanakan selama PPL di SMAN 1 Wonosari berjumlah lebih dari 240 jam yang meliputi kegiatan persiapan, praktik mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar mata pelajaran Kimia untuk kelas XI MIPA 3 dilaksanakan pada hari Selasa dan Kamis dengan jumlah 5 kali tatap muka (10 jam pelajaran) dengan topik yang disampaikan yaitu Termokimia dan Laju Reaksi. Sedangkan, untuk pendampingan praktikum Termokimia di kelas XI MIPA 4 dengan jumlah 1 kali tatap muka (2 jam pelajaran). Hasil praktik mengajar tersebut sudah cukup untuk melengkapi pengalaman praktikan saat melaksanakan PPL Internasional. Praktikan juga melaksanakan praktik persekolahan seperti menjadi guru piket di ruang guru atau perpustakaan. Keberhasilan PPL di SMAN 1 Wonosari tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Maka, praktikan berharap program kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai wahana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan pancasila.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, PPL Internasional, Persiapan, Praktik Mengajar, Praktik Persekolahan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 01:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51722

Actions (login required)

View Item View Item