LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA N 1 WONOSARI

Septi Dwilestari, Septi Dwilestari (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA N 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
08. 13304241043_SEPTI DWILESTARI_Pendidikan Biologi.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) program semester khusus merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu bersama dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). PPL dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan keterampilan mahasiswa sebagai calon pendidik. Kegiatan PPL dilakukan di SMA N 1 Wonosari dalam rangka untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam kegiatan belajar dan mengajar di kelas secara langsung, menambah wawasan dan memperluas ilmu. Adapaun tujuan dari kegiatan PPL diantaranya adalah untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli hingga 15 September 2016. PPL yang dilakukan di SMA N 1 Wonosari meliputi kegiatan praktik pembuatan dan pengembangan perangkat pembelajaran, praktik mengajar di kelas dan praktik administrasi sekolah. Praktik mengajar di kelas bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman mengajar yang sesungguhnya. Pada praktik mengajar ini, praktikan sebagai pengajar mata pelajaran Biologi dan melakukan pembelajaran di kelas X MIPA 3 dan X MIPA 1. Kegiatan praktik mengajar di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2016. Sementara kegiatan praktik persekolahan yang telah berlangsung sejak 4 Maret 2016 dimaksudkan agar mahasiswa mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar belajar mengajar seperti kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru (PLSPDB). Selain itu, kegiatan administrasi sekolah meliputi kegiatan praktik di piket. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan. Lima kali pertemuan dilaksanakan di kelas X MIPA 3 secara mandiri dan satu kali pertemuan dilaksanakan di X MIPA 1 secara team teaching. Dari kegiatan praktik mengajar dan praktik administrasi sekolah yang telah dilaksanakan, maka didapatkan hasil bahwa peserta didik SMA N 1 Wonosari rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang baik dinilai dari hasil kegiatan belajar dan penilaian sikap pada setiap pembelajaran. Tentunya terwujudnya keberhasilan pembelajaran pada kegiatan belajar peserta didik ini berkat dukungan secara langsung maupun tidak langsung dari pihak sekolah dan guru pendidikyang telah berkerja sama secara profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Pembelajaran, Sekolah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51719

Actions (login required)

View Item View Item