LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Pypiet Noor Hasanah, Pypiet Noor Hasanah (2016) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02. 13803241013_PYPIET NOOR HASANAH_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai tujuan sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga profesional. Kegiatan ini juga sebagai ajang uji coba menjadi guru yang sebenarnya. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai salah satu universitas pencetak tenaga guru profesional juga mempunyai kegiatan tersebut. Sebelum kegiatan PPL dilakukan, mahasiswa terlebih dahulu menempuh kegiatan pra-PPL yang meliputi kegiatan pembelajaran mikro, pembekalan PPL, dan observasi sekolah. Pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berada di SMA Negeri 1 Wonosari yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso nomor 04, Wonosari, Gunungkidul, dan berlangsung dari tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Kegiatan yang dilakukan praktikan adalah mengajar mata pelajaran akuntansi kelas XII. Adapun rancangan kegiatan PPL terdiri dari tahap perisapan PPL, pelaksanaan PPL dan penarikan PPL. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, dan observasi pembelajaran di kelas maupun di sekolah. Sedangkan tahap pelaksanaan meliputi pengisian buku administrasi pendidik, penyusunan bank soal, perhitungan hari dan jam efektif, penyusunan program tahunan dan program semester, penyusunan RPP, penyusunan modul dan media pembelajaran, penyusunan tugas untuk siswa, penyusunan instrumen penilaian, praktik mengajar, evaluasi hasil belajar, konsultasi dengan guru dan dosen pembimbing, serta penyusunan laporan PPL. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dijadikan proses pembelajaran bagi mahasiswa calon guru atau pendidik untuk meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional, yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itu laporan PPL disusun untuk mempertanggungjawabkan seluruh pelaksanaan PPL serta memberikan gambaran bagi pihak LPPMP dalam rangka memperbaiki serta mempertahankan program PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: PPL, SMA Negeri 1 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51712

Actions (login required)

View Item View Item