LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI

Fatika Marjatiningrum, Fatika Marjatiningrum (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. (In Press)

[img]
Preview
Text
01. 13803241021_FATIKA MARJATININGRUM_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mata kuliah ini bersifat aplikatif dan terpadu dari keseluruhan pengalaman belajar yang telah ditempuh sebelumnya ke dalam pelatihan di lapangan untuk mewujudkan salah satu misi UNY yaitu menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Wonosari ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan dari tanggal 18 Juli 2016 – 14 September 2016. Kegiatan ini diawali dengan penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pada tanggal 4 Maret 2016 sebagai permohonan izin awal adanya PPL oleh mahasiswa UNY di SMA N 1 Wonosari. Kegiatan PPL di SMA N 1 Wonosari diikuti oleh 14 mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jawa dan 2 mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di SMA N 1 Wonosari meliputi kegiatan persiapan, praktik mengajar dan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi yang dilakukan sebelum praktik mengajar dan praktik persekolahan dilakukan, observasi dilakukan di kelas dan di lingkungan sekolah guna mengetahui kondisi dan kultur sekolah. Sedangkan praktik mengajar dilakukan di kelas XII MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa, topik yang diajarkan meliputi akuntansi sebagai sistem informasi, persamaan dasar akuntansi, nama dan kode akun, jurnal umum, buku besar dan neraca saldo. Praktik mengajar ini dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan di kelas XII MIPA 3. Selain itu, praktikan juga mengajar di kelas XII IPS 1 sebanyak 2 kali pertemuan, XII IPS 2 sebanyak 2 kali pertemuan dan XII IPS 3 sebanyak 3 kali pertemuan. Selain mengajar di kelas, praktikan juga membuat bank soal akuntansi, prota, prosem, dan instrumen penilaian yang diguanakan untuk melengkapi administrasi sebagai seorang calon guru. Sedangkan praktik persekolahan seperti menjadi guru piket, pendampingan ekstra kurikuler, dan pendampingan keputrian juga dilaksanakan selama di SMA N 1 Wonosari. vii Berlangsungnya kegiatan PPL di SMA N 1 Wonosari juga tak lepas dari bantuan guru pembimbing yang selalu mengarahkan dan membimbing bagaimana keseharian menjadi seorang guru, bagaimana cara mengajar dengan baik yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, serta administrasi apa saja yang harus dibuat seorang guru yang juga disesuaikan dengan peraturan yang ada. Praktikan juga dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang membimbing cara pengajaran yang baik sebelum penerjunan PPL serta selalu menanyakan kendala praktikan selama PPL berlangsung. Harapannya dengan adanya PPL ini dapat menjadi wadah untuk calon guru seperti praktikan dalam belajar bagaimana menjadi guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, PPL UNY, PPL SMA N 1 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51711

Actions (login required)

View Item View Item