LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2015 SMA N 1 JOGONALAN

Alfin Ulinnuha, Alfin Ulinnuha (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI - 15 SEPTEMBER 2015 SMA N 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13601244041_Alfin Ulinuha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan guna memberikan kesempatan kepada mahasiawa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendiidkan. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus tahun 2016/2017 dari bulan Juli sampai bulan September. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan dan merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu sama lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Praktik Pengalaman Lapangan berjuan untuk memberikan pengalaman belajar yang baik dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah serta memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolahan dan pendanaan yang efektif dan efisien. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah melakukan kegiatan mengajar kelas selama 2 bulan dimulai dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Sebelum melakukan pembelajaran dilaksanakan praktikan terlebih dahulu menyusun perangkat pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya juga melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran Dari pelaksanaan kegiatan PPL maka dapat disimpulkan bahwa kegiastan PPL dapat memberikan pengalaman yang sangat berharga kepada mahasiswa dalam mengembangkan kompetensinya sebagai guru PJOK. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi pratikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instansi. Hal yang penting harus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PPL, SMA N 1 Jogonalan, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:44
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51708

Actions (login required)

View Item View Item