LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Manggala, Yudha (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13413241023_Yudha Manggala.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PPL memang dapat memberikan pembelajaran bagi mahasiswa secara langsung di dunia nyata, mahasiswa akan belajar secara nyata di Sekolah. Pengalaman belajar yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan serta mengaplikasikan teori teori yang sudah dipelajari selama kuliah. PPL yang diterjunkan disekolah berdasarkan mata pelajaran yang diminta oleh pihak sekolah, penentuan lokasi pada tahun ini dengan memilih lokasi secara online. hanya tersedia lokasi Sekolah yang meminta mata pelajaran. pendidikan sosiologi yang pada akhirnya akan mengajar di SMA dengan mata pelajaran sosiologi akan praktik secara langsung di SMA N 1 Jogonalan Klaten. dalam proses tersebut akan belajaran secara langsung mengenai menjadi seorang guru Sosiologi. Seorang guru tidak hanya mengajarkan materi tentang ilmu yang dipelajari namun mengenai etika dan panutan bagi murid murid. Tingkah laku serta kepribadian juga akan dilihat sebagai seorang guru. Dalam pelaksanaan PPL di SMA N 1 Jogonalan mahasiswa sebelum diterjunkan sudah melakukan observasi untuk mengetahui kondisi fisik dan non fisik yang ada di Sekokah tersebut. non fisik dalam artian kurikulum dan aturan yang berlaku di SMA N 1 Jogonalan dan ketersediaan sarana prasarana untuk menunjang pembelajaran. Observasi secara umum dilakulan melihat semua kondisi yang ada di sekolahan dan secara umum dengan guru pembimbing mata pelajaran sosiologi. Dengan guru pembimbing mahasiswa mendapatkan banyak informasi untuk mempersiapkan bahan pembelajaran yang akan dilakukan untuk praktik mengajar. Pertama mahasiswa daa guru pembimbing akan melihat karakter siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. sehingga bisa mempersiapkan materi dan bahan ajar supaya penbelajaran bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan. Pelaksanaan PPL di SMA N 1 Jogonalan dimulai dari tanggal 15 Juli sampai 15 September itu banyak mengajarkan semua hal yang sering dilakukan oleh guru dari memahami etika keguruan hingga pemahaman materi yang menjadi bekal untuk mengajar. Dalam pelaksanaan PPL penyusun mendapat kesempatan mengajar di kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4. Mahasiswa melakukan praktek mengajar dikelas sama sepeeri guru yang memgampu mata pelajaran sosiologi. Hasilnya mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, perangkat pembeklajaran, proses pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengatur emosi bisa eemilahkan masalah pribadi dengan kesiapan untuk mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, Sosiologi, SMA 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51704

Actions (login required)

View Item View Item