Nur Ahsan Qomarudin, Nur Ahsan Qomarudin (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
13406244026_Nur Ahsan Qomarudin.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Sebagai calon guru dimasa depan diperlukan bekal dan kemampuan dalam menggeluti dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan untuk mengasah dan mengembangkan potensi guru yang professional dan berintegritas. Guru yang professional dan berintegritas perlu untuk dicetak atau dimunculkan mengingat semakin tinggi tuntutan kemajuan zaman yang harus diimbangi dengan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Maka dengan itu diwajibkan mahasiswa dari kependidikan untuk menempuh mata kuliah praktik PPL. Program kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilakukan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah yang mencakup civitas internal sekolah (guru, karyawan, siswa, dan Komite Sekolah). Program PPL dilaksanakan untuk mengasah 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi pembuatan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal, evaluasi, analisis hasil evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Program PPL UNY menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga sekolah, salah satunya SMA Negeri 1 Jogonalan. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 19 Juli 2016 sampai dengan 14 September 2016. Selama kurang lebih 2 bulan, praktikan melakukan praktik mengajar baik terbimbing maupun mengajar mandiri. Dalam praktik PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas X dengan mengampu mata pelajaran Sejarah Wajib. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode pembelajaran Scientific. Secara umum, dengan adanya kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) dapat menjadi bekal pengetahuan dan keterampilan praktis agar dapat melaksanakan program dan tugas-tugasnya di sekolah. Selain itu, melalui Praktik pengalaman Lapangan menjadikan calon pendidik memiliki wawasan tentang pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan. Selain itu kegiatan ini dapat melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar sesunggunya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalah serta memberi bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: PPL, Guru, Kompetensi Guru |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |