LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN

Minggir Ambar Kusuma, Minggir Ambar Kusuma (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13406244025_Minggir Ambar Kusuma.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan sebuah Universitas yang melahirkan generasi pendidik yang profesional. Hal tersebut didukung dengan adanya usaha peningkatan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran melalui mata kuliah kuliah lapangan dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Maka dari itu para calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. SMA N 1 Jogonalan Klaten menjadi salah satu pilihan pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016. Program PPL UNY yang menjalin kerjasama dengan SMA N 1 Jogonalan ini berlangsung selama dua bulan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 – 15 September 2016. Praktik mengajar yang berlangsung selama dua bulan ini memberikan banyak manfaat yang belum pernah di dapat oleh praktikan selama di bangku perkuliahan. Praktikan mendapatkan pengalaman mengajar dan cara memotivasi siswa dengan baik tak terkecuali inovasi mengajar dan media pembelajaran merupakan hal yang di kembangkan dalam Praktik Pengalaman Lapangan ini, mengingat masih banyaknya anggapan bahwa mata pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang membosankan. Berbagai manfaat dari adanya inovasi maupun pengalaman yang sudah di dapat dalam Praktik Pengalaman Lapangan tersebut dapat menjadi bekal praktikan kelak ketika terjun di dunia kependidikan. Pengalaman tersebut merupakan bentuk ketrampilan mahasiswa menyampaikan materi-materi maupun argumentasi di dalam kelas. Dalam pelaksanaan program tersebut tentu tidak terlepas dari hambatanhambatan. Akan tetapi, dengan adanya motivasi dari guru pembimbimg lapangan, dosen pembimbing lapangan, guru lain dan teman-teman satu tim dengan kerjasama yang baik maka semua hambatan dapat teratasi. Selain itu, serangkaian kegiatan PPL UNY 2016 di SMA N 1 Jogonalan ini diharapkan mampu bermanfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa khususnya praktikan guna mengembangkan kompetensinya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: PPL, SMA N 1 Jogonalan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51701

Actions (login required)

View Item View Item