LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN

Widiati, Resti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 1 JOGONALAN, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13405241005_Resti Widiati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PPL UNY merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA N 1 Jogonalan, yang terletak di Jalan Raya Jogja-Solo km 7/24 Jogonalan, Klaten. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA N 1 Jogonalan. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program Kerja PPL yang direncanakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi di SMA N 1 Jogonalan tahun 2016 ini meliputi: (1) Program mengajar, seperti observasi kelas, membuat RPP, konsultasi dan evaluasi dengan guru, membuat media pembelajaran, membuat soal tugas atau latihan, pelaksanaan praktik mengajar, mengoreksi tugas latihan siswa dan mendata nilai siswa; (2) program non mengajar, meliputi upacara di sekolah atau hari besar, mengikuti rapat guru, piket, membantu kegiatan di sekolah, rapat kelompok, penyusunan laporan PPL. Serangkaian program kerja PPL SMA N 1 Jogonalan telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbedabeda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Jogonalan, Pendidikan Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Aug 2017 07:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51698

Actions (login required)

View Item View Item