LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS

Novita Dwi Amandani, Novita Dwi Amandani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241030_Novita Dwi Amandani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penempatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 berlokasi di SMA N 1 Jogonalan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 23 mahasiswa dari 11 program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, PJKR, serta Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki tujuan untuk melatih mahasiswa memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Selama PPL, kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan non pengajaran lainnnya yang diselenggarakan di sekolah. Pelaksanaan praktik mengajar dimulai dari tanggal 24 Februari sampai dengan 8 September 2016, dilakukan sebanyak 21 kali pertemuan di kelas X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, X IPS 4, XI IPA 2, XI IPA 4, X A, X B, X C, X F, dan X G. Total jam pertemuan keseluruhan sebanyak 54 JP atau 2.430 jam. Materi yang diajarkan kepada peserta didik di dalam kelas meliputi; Ruang Lingkup Biologi, Sistem Gerak, Sel (Difusi dan Osmosis), Sel (Plasmolisis), dan Keanekaragaman Hayati (Lumut). Kegiatan dilakukan dengan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PPL, Biologi, SMA N 1 JOGONALAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51694

Actions (login required)

View Item View Item