LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMA N 1 JOGONALAN

NENSI NUR ASTARI, NENSI NUR ASTARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 18 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI SMA N 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13304241012_Nensi Nur Astari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMA N 1 Jogonalan telah dilaksanakan oleh pada tanggal 18 Juli - 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 23 mahasiswa dari 11 program studi, yaitu Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, PJKR, serta Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Tujuan PPL adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, analisis hasil evaluasi, pengelolaan laboratorium biologi, serta kegiatan non pengajaran lainnnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 25 Juli sampai dengan 8 September 2016, dilakukan sebanyak 21 kali pertemuan di kelas X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4, X IPS 1, X IPS 2, X IPS 3, XI IPA 2, XI IPA 4, X A, X B, X C, X F, dan X G. Adapun total jam pertemuan keseluruhan sebanyak 53 jam pelajaran atau 2.385 menit. Materi yang diajarkan kepada peserta didik di dalam kelas meliputi; Ruang Lingkup Biologi (Objek dan Permasalahan Biologi, Cabang-Cabang Ilmu Biologi, Metode Ilmiah, dan Keselamatan Kerja Laboratorium), Sistem Gerak, Sel (Difusi dan Osmosis), Sel (Plasmolisis), dan Keanekaragaman Hayati (Lumut). Kegiatan dilakukan dengan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Kesimpulan kegiatan PPL yang telah dilakukan adalah dengan pelaksanaan PPL ini mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dalam bidang kependidikan. Mahasiswa juga dapat memiliki pengalaman mengajar sebagai salah satu bentuk kemampuan untuk dapat menyampaikan materi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Biologi, PPL, SMA N 1 JOGONALAN
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51693

Actions (login required)

View Item View Item